.quickedit{ display:none; }

Total Tayangan Halaman

Rabu, 15 Maret 2017

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA (DATABASE)



Basis Data


                Basis Data atau biasa disebut dengan Database terdiri dari 2 kata, yaitu Basis dan Data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai markas, gudang, dan tempat bersarang / berkumpul. Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya, dengan diwujudkan dalam bentuk angka, huruf, simbol, gambar, bunyi, atau kombinasinya. Basis Data (Database) sendiri dapat diartikan sebagai kumpulan file / tabel / arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik.

                Basis Data dan lemari arsip sesungguhnya memiliki prinsip kerja dan tujuan yang sama, yaitu prinsip utamanya adalah untuk pengaturan data / arsip, dengan tujuan utamanya yaitu kemudahan, dan kecepatan dalam pengambilan data / arsip. Perbedaannya hanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan, jika lemari arsip menggunakan lemari besi atau lemari kayu sebagai media penyimpanannya, tetapi basis data menggunakan media penyimpanan elektronis seperti cakram magnetis (magnetic disk). Hal ini terjadi karena lemari arsip langsung dikelola oleh manusia, tetapi basis data dikelola melalui perantara mesin pintar elektronik yang biasa kita kenal dengan sebutan komputer. Perbedaan media inilah yang selanjutnya menimbulkan perbedaan-perbedaan lain yang menyangkut jumlah dan jenis metode yang dapat digunakan dalam usaha penyimpanan.

                Di dalam sebuah disk, basis data dapat diciptakan dan dapat juga dihapuskan, lalu pada sebuah disk kita juga bisa meletakkan satu atau pun lebih basis data. Pada sebuah basis data, kita dapat meletakkan satu atau lebih tabel, dengan tabel inilah sesungguhnya data disimpan, dan ditempatkan. Setiap basis data pada umumnya dibuat untuk mewakili sebuah kumpulan data yang spesifik, lalu misalnya ada basis data kepegawaian, basis data akademik, basis data inventori, dan lain sebagainya. Operasi yang terkait dengan pembuatan objek (basis data dan tabel) merupakan operasi awal yang hanya dilakukan sekali dan seterusnya, tetapi operasi-operasi yang berkaitan dengan isi tabel / data merupakan operasi rutin yang berlangsung berulang-ulang, oleh karena itu operasi-operasi inilah yang mewakili aktivitas pengelolaan, dan pengolahan data dalam basis data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar