.quickedit{ display:none; }

Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 April 2018

TUGAS SOFTSKILL Bahasa Inggris Bisnis (Brief Guide to Business Writing (Translate) + Contoh Business Letter, Memo, dan E-mail)

Nama : Ridho All Hafiedz
Kelompok : Kelompok 3

Panduan Singkat Untuk Menulis Dalam Berbisnis

Kenneth G. Brown, Ph.D.
David J. Barton, B.A


Kata Pengantar

Dalam kehidupan sehari-hari kita, salah satunya di sekolah atau di tempat kerja, muncul keinginan untuk memiliki keahlian yang baik dalam mengkomunikasikan tulisan dengan baik. Kita semua pernah membuat laporan pada satu waktu atau lainnya yang tidak tertulis baik pada seharusnya. Ini sangat disayangkan, karena memberikan kesan yang negatif pada kita. Ada sesuatu yang bisa kita semua lakukan mengenai hal ini! Komunikasi adalah keahlian yang dipelajari yang dapat kita semua perbaiki. Panduan penulisan dalam berbisnis ini berguna untuk penulis bisnis di berbagai tingkatan. Kamu harus menyimpan panduan penulisan ini dan melihatnya lebih sering. Terutama ketika kamu menulis essay untuk professor atau surat untuk boss kamu.

Panduan ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama berkaitan dengan dokumen secara keseluruhan. Bagian ini menempatkan masalah termasuk format terbaik yang digunakan dalam situasi tertentu, pemilihan kata, dan alur/logika dokumen & saran gaya penulisan.

Bagian kedua berkaitan dengan paragraf, beserta struktur dan fungsinya. Ini menempatkan masalah seperti generalisasi paragraf dan dukungan, dan transisi.

Bagian ketiga pada panduan ini akan berkaitan dengan struktur kalimat secara individual. Ini termasuk menulis sebuah kalimat lengkap, efektifitas kata, dan tanda baca. Bagian ini akhirnya menyinggung pada penggunaan kata aktif ataupun pasif.

Lampiran pada panduan ini berisi contoh dari format dokumen, termasuk sebuah surat bisnis, sebuah memo, dan sebuah e-mail, kata yang sering disalahgunakan, sebuah urutan proses penulisan, dan sebuah daftar pustaka. 
 


I. Dokumen

Tujuan/Pemirsa
Siapakah pemirsa utama dan sekunder anda? Pemirsa utama adalah orang yang menerima komunikasi secara langsung. Pemirsa sekunder atau tersembunyi termasuk siapa saja yang mungkin secara tidak langsung menerima salinan dari komunikasi tersebut. Ini termasuk siapa saja yang akan menerima salinan, yang perlu menyetujuinya, yang mendengar tentangnya, atau yang terpengaruh oleh pesan anda. Mengetahui tujuan dan siapa pemirsa anda akan  menentukan format dan pemilihan kata.

Format
Surat Bisnis. Sebuah surat bisnis formal sering digunakan ketika memberikan informasi untuk professor, untuk atasan atau boss, atau ketika komunikasi akan dilihat oleh orang banyak. Lihat lampiran A.

Memo. Sebuah memo (memorandum) adalah sebuah tulisan yang tidak terlalu formal yang digunakan ketika mengkomunikasikan informasi yang tidak terlalu penting, tidak meninggalkan kantor, dan ketika berkomunikasi dengan bawahan. Lihat laporan B.

E-mail. E-mail adalah salah satu penyampaian yang paling sedikit formal yang ditampilkan disini dan hanya harus digunakan untuk komunikasi yang kurang formal seperti pengingat, pertanyaan, atau ketika disukai oleh penerima. Ingat. E-mail adalah domain publik, siapa saja mungkin akan membaca pesan anda. Lihat lampiran C.

Pilihan Kata
Penggunaan jargon atau akronim yang berlebihan dalam komunikasi membuat dokumen sulit untuk dibaca, bahkan jika pemirsa utama sudah familiar dengannya. Anda harus membatasi penggunaan jargon dan akronim dalam sebuah komunikasi sesedikit mungkin, terutama jika pemirsa utama atau sekunder tidak mengetahui penggunaannya. Anda juga harus melihat pemilihan kata yang membingungkan atau salah di dalam dokumen anda. Lihat lampiran D untuk melihat daftar kata yang sering disalahgunakan.

Flow/Logic
Ini sangat penting untuk mengetahui ketertarikan dan tanggapan pemirsa, karena mereka memiliki dampak yang sangat besar dalam strategi komunikasi anda.

Jika anda memiliki pemirsa yang punya tingkat ketertarikan yang tinggi dalam komunikasi anda, anda bisa langsung bicara pada intinya tanpa harus menggunakan banyak waktu untuk membangkitkan ketertarikan mereka. Buat argumen yang baik dan logis, jika pemirsa  memiliki tingkat ketertarikan yang rendah, anda harus menggunakan gaya bicara yang lebih menarik untuk memotivasi ketertarikan pembaca. Buat pesan anda sesingkat mungkin, dokumen yang panjang akan mengintimidasi dan pendengar cenderung pergi karena akan terlihat bertele-tele.

Anda juga harus mengetahui kemungkinan tanggapan dari pemirsa, positif atau negatif. Jika pemirsamu menanggapi positif ataupun netral, perkuat sikap mereka yang ada dengan mengatakan manfaat yang akan bertambah dari pesan anda. Jika mereka menanggapinya dengan negatif, coba salah satu dari beberapa teknik berikut: (1) Batasi keinginan anda ke kemunginan terkecil. (2) Menanggapi keberatan yang telah diantisipasi; anda akan lebih bersikap persuasif dengan cara menyatakan dan menolak alternatif daripada membuat mereka merancang sendiri, yang dimana mereka akan menjadi lebih sedikit untuk menolak. (3) Menyatakan poin pertama yang anda pikir mereka akan setuju; jika anggota pemirsa terjual dalam dua atau tiga fitur kunci pada proposal anda, mereka cenderung untuk menjual diri mereka sendiri di fitur lainnya juga. (4) Buat mereka setuju bahwa ada masalah, lalu selesaikan masalah tersebut. Pada akhirnya, jika anda bertanggung jawab untuk menghadapi perlawanan yang kuat, gunakan teknik inokulasi. Dengarkan argumen yang berlawanan tersebut dan jelaskan mengapa anda menolaknya. Jika anda pikir mereka akan tidak mendengar perlawanan yang kuat, maka jangan ganggu mereka dengan inokulasi.


Pengantar
Pengantar adalah bagian penting untuk mengatur aliran yang mendasari untuk sisa  kelanjutan dokumen. Pengantar dapat menyelesaikan tiga tujuan: Yaitu membangun minat pembaca, menjelaskan tujuan Anda untuk menulis, dan memberikan preview dari dokumen.

Membangun minat pembaca. Salah satu metode untuk membangun minat yang merujuk pada situasi yang ada, untuk membangun konteks. Sebagai contoh:

As we discussed yesterday,
As you know, we are currently planning for the new fiscal year.

Jelaskan tujuan Anda untuk menulis. Biarkan pembaca Anda tahu alasan atau tujuan untuk menulis. Dengan begitu mereka bisa membaca dengan tujuan itu dalam pikiran. Contoh:

     This report summarizes the results of our first-quarter sales.
     I am writing to solicit your opinion on this proposal.

Memberikan preview. Sertakan meja  singkat isi,  sehingga pembaca Anda akan dapat memahami tulisan Anda lebih mudah dan untuk memilih bagian tertentu untuk referensi, jika mereka ingin. Contoh:

This report is divided into three main sections: (1) what equipment you need, (2) how to use the equipment, and (3) how to maintain the equipment.

Kesimpulan
Akhir dokumen Anda adalah tempat tegas lain dalam dokumen. Salah satu pilihan jika Anda menggunakan pendekatan langsung dan jika dokumen panjang adalah untuk menyatakan kembali gagasan utama Anda. Jelas Anda tidak perlu menyatakan kembali poin utama Anda dalam satu halaman memo atau surat. Atau, jika Anda menggunakan pendekatan tidak langsung, menyatakan kesimpulan atau rekomendasi. Mungkin penutupan yang paling khas adalah untuk mengakhiri dengan langkah tindakan. atau mekanisme umpan balik. Contoh:

I’ll call you next Thursday to discuss this matter.
Please let me know if I can be of any further assistance.
Once I have your approval, I will proceed with this plan.

Tiga perangkap untuk menghindari di penutupan meliputi: (1) memperkenalkan topik yang sama sekali baru yang mungkin mengalihkan perhatian pembaca .Anda dari tujuan komunikasi Anda, (2) ulangan ide utama Anda dengan kata sombong, atau (3) meminta maaf untuk atau meremehkan argumen Anda di akhir.

Ejaan
Ingatlah untuk selalu mengecek ejaan sebelum mencetak dokumen Anda, tetapi menyadari bahwa mantra-cek tidak mudah. Anda harus, atau memiliki orang lain, mengoreksi dokumen untuk memastikan ejaan dan akurasi keseluruhan. kesalahan umum termasuk mengetikkan kata dieja dengan benar yang tidak persis apa yang Anda inginkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah besar dan bahkan mengubah seluruh makna yang Anda mencoba untuk menyeberang.

Tips Gaya
Tata Letak berarti keseluruhan tampilan halaman Anda dari tipografi yang Anda pilih, untuk penggunaan yang efektif Anda dari ruang putih. Istilah ruang putih mengacu pada ruang kosong di halaman. Ruang putih menunjukkan organisasi Anda dan bagian istirahat visual, menekankan ide-ide penting, dan menyajikan ide-ide Anda dalam bit lebih mudah dikelola. Pembaca bereaksi baik terhadap ruang putih. Misalnya, apakah Anda lebih bersedia untuk membaca dokumen yang tampaknya menjadi salah satu paragraf panjang, dari margin margin dan dari atas ke bawah (karena banyak peraturan pemerintah yang ditulis), atau akan Anda menjadi lebih bersedia untuk membaca satu yang ditetapkan poin utama dengan judul dan lekukan?
Tata letak dokumen Anda dapat membuat semua perbedaan. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan teknik yang baik dari tata letak dan ruang putih: 
  • Jika dokumen Anda terlihat baik, orang akan lebih cenderung untuk mengambilnya dan membacanya.
  • Tata letak yang baik menetapkan nada yang tepat dengan membuat dokumen Anda terlihat profesional. Tipografi yang tepat, jarak yang tepat, margin kanan, dan semua pilihan yang tampaknya kecil lainnya bekerja sama menambahkan hingga citra profesional.
  • Tata letak yang efektif membantu pembaca tahu apa bagian-bagian dari dokumen yang. Judul, misalnya, menunjukkan di mana bagian dari dokumen Anda mulai dan berakhir melayani sebagai tanda-tanda jalan bagi pembaca.
 
II.Paragraf

Generalisasi dan Dukungan
Setiap paragraf harus dimulai dengan generalisasi, dan setiap kalimat dalam paragraf harus mendukung generalisasi. Anda mungkin mulai generalisasi Anda di salah satu dari dua cara. Untuk sebuah paragraf standar menggunakan kalimat topik. Untuk bagian, menggunakan judul atau subjudul.


Contoh topik kalimat

The new brochures are full of major printing errors.
Three causes contributed to the problem at Plant X.

Contoh judul
Printing Errors in Brochure.  
Causes of Plant X problems. 

Transisi
Untuk memastikan arus dokumen Anda dari satu ide ke yang lain di seluruh keseluruhan, menggunakan transisi yang tepat. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan kata-kata transisi tradisional atau frase. Contoh berikut mengilustrasikan mencapai koherensi melalui kata-kata pertama,kedua,,dan,ketiga.

XYZ Company should follow these recommendations to clear up its financial crisis.  First, cut back on labor, outside services, and overhead expenses.  Second, do not approach shareholders for more capital.  Third, renegotiate short-term liabilities with the bank.

Berikut adalah beberapa transisi sering digunakan:

To signal                          Use transitions

Addition or                  and, further, besides, next, moreover, in addition, again

Amplification               too, finally, similarly, second, subsequently, last

Contrast                     but, or, nor, yet, still, however, nevertheless, on the contrary, on the other hand, conversely, although

Example                       for example, for instance, such as, thus, that is

Sequence                      first, second, third, next, then

Conclusion                   therefore, thus, then, in conclusion, consequently, as a result, accordingly, finally           

Time or place               at the same time, simultaneously, above, below, further on, so far, until now

 


III.Sentences

Kalimat lengkap
Sebuah kalimat lengkap berisi baik subjek dan kata kerja. Jangan membuat kesalahan dengan kalimat membobol dua. Dengan kata lain, tidak menggunakan periode di tempat koma. 

Menulis I met them in Chicago on their way home from a European vacation.
Lebih baik daripada I met them in Chicago.  Coming home from a vacation in Europe.

Kepanjang - Lebaran
Penggunaan tambahan atau bunga kata-kata adalah tidak rasional dan ekonomis dalam menulis bisnis. Anda harus menggunakan kata-kata tidak lebih dari yang diperlukan untuk menyampaikan makna Anda.



  Flowery

  The question as to whether
  There is no doubt but that
  He is a man who
  In a hasty manner
  This is a subject that
  The reason why is that
  In spite of the fact that
  The fact that he had not succeeded

Concise

Whether (The question whether)
No doubt (Doubtless)
He
Hastily
This subject
Because
Though (Although)
His failure



Gramatikal
Perjanjian subjek-kata kerja
Satu masalah tata bahasa umum adalah bahwa kata kerja harus setuju di nomor (tunggal atau jamak) dengan subjek meskipun intervensi frase yang dimulai dengan kata-kata seperti together, including, plus and as well as..


The bittersweet flavor of youth – its trials, its joys, its adventures, its challenges – are not soon forgotten.”

Seharusnya ditulis dengan:
The bittersweet flavor of youth – its trials, its joys, its adventures, its challenges – is not soon forgotten.”


Gunakan kata tunggal each, either, everyone, everybody, neither, nobody, someone.

Everybody thinks he has a sense of humor.

Tanda Baca
Dalam serangkaian tiga atau lebih istilah dengan hubungannya tunggal, menggunakan koma setelah setiap istilah kecuali yang terakhir. 

The colors used were red, white, and blue.  She went to the door, opened it, and went outside.

Melampirkan ekspresi yang disisipkan antara koma.

John’s friend, William Smith, came by to see him yesterday.  The best way to see a country, unless you are pressed by time, is to travel on foot.

Gunakan titik dua setelah klausa independen untuk memperkenalkan daftar keterangan, sebuah appositive, amplifikasi, atau kutipan ilustratif. Sebuah usus memberitahu pembaca bahwa apa yang berikut berkaitan erat dengan klausa sebelumnya. Sebuah usus tidak harus memisahkan kata kerja dari pelengkap atau preposisi dari objeknya.


Your dedicated whittler requires: a     knife, a piece of wood, and a back porch.  


Seharusnya ditulis dengan:
Your dedicated whittler requires three props: a knife, a piece of wood, and a back porch.


Menggabungkan dua klausa dengan titik dua jika dua arti yang menguatkan beradaa diawal.

But even so, there was a directness and dispatch about animal burial: there was no stopover in the undertaker’s foul parlor, no wreath or spray.

Sebuah tanda titik dua dapat memperkenalkan sebuah kutipan yang mendukung atau memberikan kontribusi untuk klausa sebelumnya.

The squalor of the streets reminded him of a line from Oscar Wilde: “We are all in the gutter, but some of us are looking at the stars.

Gunakan titik koma jika dua atau lebih klausa tata bahasa menyelesaikan kalimat majemuk dan tidak bergabung dengan konjungsi

It is nearly half past five; we cannot reach town before dark.

Hal ini, tentu saja, sama-sama benar untuk menulis ini sebagai dua kalimat, mengganti titik koma dengan periode. Jika hubungannya dimasukkan, tanda yang tepat adalah koma.

It is nearly half past five, and we cannot reach town before dark.

Gunakan sejumput untuk berangkat istirahat tiba-tiba atau gangguan dan untuk mengumumkan panjang appositive atau ringkasan. Sebuah dasbor adalah tanda pemisahan lebih kuat dari koma, kurang formal daripada titik dua, dan lebih santai daripada kurung.

       His first thought on getting out of bed if he had any thought at all was to get back in again.

Active / penggunaan kata Pasif
Cara terbaik untuk menentukan pasif adalah untuk memberikan contoh dan kemudian mengubahnya menjadi suara aktif. 

Contoh kalimat dalam bentuk pasif: The car is washed by Fred.
Kalimat yang sama dalam suara aktif: Fred washes the car.

Dalam kalimat pertama, subjek (“mobil”) adalah pasif (yaitu, mobil tidak melakukan apa-apa). Pada kalimat kedua, subjek (“Fred”) aktif. Fred adalah melakukan sesuatu (mencuci).




CONTOH BUSINESS LETTER, MEMO, DAN E-MAIL



Appendix A


PT JAYA SENTOSA
Jl. Jend. Sudirman
No. 100 Jakarta Selatan
Telp. (021)  7872906  Fax. 787202
==================================================================

Jakarta, 07th April 2018

Mr.Andi
Accounts Payable
The JS Store
Jl. Kartini No. 28
Jakarta

Thank you for your attention that your company, The Vappor Store has been late with paying their invoices for the past three months.

In order to encourage our customers to pay for their invoices before the due date, we have implemented a discount model where we'll give you 5% off your invoice if you pay us within 15 days of receiving the invoice.

I hope that everything is going well for you and your company. You are one of our biggest customers, and we appreciate business this it. If you have any questions, feel free to contact me at (021) 7872906.

Sincerely,


Signature
Budi Waseso

Accounts Receivable


Terjemahan

PT JAYA SENTOSA
Jl. Jend. Sudirman No. 100 Jakarta Selatan
Telp. (021) 7872906 Faks. 787202
==================================================================
 
Jakarta, 07 April 2018
 
Mr.Andi
Akun hutang
The JS Store
Jl. Kartini No. 28
Jakarta
 
Terima kasih atas perhatiannya bahwa perusahaan Anda, The Vappor Store telah terlambat membayar
faktur  selama tiga bulan terakhir ini. 
 
Untuk membantu pelanggan kami untuk membayar faktur sebelum tanggal jatuh tempo, kami telah 
menerapkan model diskon di mana kami akan memberikan diskon sebesar 5% dari faktur tersebut,  jika
perusahaan anda membayar kami dalam waktu kurang dari 15 hari sejak menerima faktur. 
 
Saya harap semuanya berjalan dengan baik untuk Anda dan perusahaan Anda. Anda adalah salah satu 
pelanggan terbesar kami, dan kami menghargai bisnis ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu 
untuk menghubungi saya di (021) 7872906.
 
Hormat saya,
 
 
Tanda tangan
Budi Waseso
 
Akuntan Keuangan


Appendix B


Memo

Memorandum

To        : All officials
From    : Patrick Star, General Manager
Date    : 30th January 2018
Re        : Festival Bonus for All Employees

This is to inform you all with pleasure that the authority has taken decision to distribute Festival Bonus to all employees of the company. This decision is the result of the overall profit of the company. Bonus will be equal to every employees one months basic salary.



Terjemahan

Memo

Memorandum

Kepada            : Semua Staff
Dari                 : Patrick Star, Manajer Umum
Tanggal           : 30 Januari 2018
Re                    : Bonus Gaji Hari Raya Untuk Semua Karyawn

Hal ini untuk memberitahu kalian semua dengan senang hati bahwa otoritas kantor telah mengambil keputusan untuk membagikan bonus hari raya untuk semua karyawan perusahaan. Keputusan ini adalah hasil dari keuntungan kesuluruhan dari perusahaan ini. Besarnya bonus akan sama besarnya dengan gaji karyawan selama satu bulan.



Appendix C

E-mail


From: “Ridho Hafiedz” <ridhohafiedz@gmail.com>
To: Trevor Phillips <trevorphillips69@gmail.com>
Subject: Business Meeting Invitation
Date: Tue, 30 Jan 2018 01:30:30 -0500

Respected Mr. Phillips

I am writing this e-mail on behalf of Akai Sales Agency. Through this e-mail, i would like to first of all express my gratitude towards you for working with us and for estabilishing such healthy business relationships with our sales team, You have always given valuable lessons and contributions through your business terms.

To make plans and draft discussions for the upcoming year, we have planned for a business meeting. It would be a great honour for us to have you at the business meeting as the goals and the aims that we have planned for can only be achieved with your esteemed guidance. The business meeting is scheduled to be held on 14th February 2018, 10:00 AM, at our company’s conference room. The meeting will be followed by the sales presentations by our team leaders and thereafter some discussions related  to the sales programs and budgets will be held.

We look forward to have your esteemed presence at the business meeting. Please send us confirmation reply as soon as possible.

Thank you for your kind consideration.


Sincerely,

Ridho Hafiedz

HR executive

Akai Sales Agency



Terjemahan

Appendix C

E-mail


Dari: “Ridho Hafiedz” <ridhohafiedz@gmail.com>
Untuk: Trevor Phillips <trevorphillips69@gmail.com>
Subjek: Undangan Pertemuan Bisnis
Tanggal: Sel, 30 Jan 2018 01:30:30 -0500

Yang Terhormat Bapak Phillips

Saya menulis email ini atas nama Akai Sales Agency. Melalui e-mail ini, Saya pertama-tama ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda untuk bekerja sama dengan kami dan untuk menjalin hubungan bisnis yang sehat dengan tim penjualan kami, Anda selalu memberikan pelajaran dan kontribusi berharga melalui istilah bisnis Anda.

Untuk membuat rencana dan membuat draft diskusi untuk tahun yang akan datang, kami telah merencanakan untuk mengadakan pertemuan bisnis. Ini akan menjadi kehormatan besar bagi kami bila Anda hadir di pertemuan bisnis ini karena tujuan yang telah kami rencanakan hanya dapat dicapai dengan bimbingan Anda yang terhormat. Pertemuan bisnis ini dijadwalkan akan dilaksnakan pada 14 Februari 2018, 22;00 , di ruang konferensi perusahaan kami. Pertemuan akan diikuti oleh presentasi penjualan oleh para pemimpin tim kami dan setelah itu beberapa diskusi terkait dengan program penjualan dan anggaran akan diadakan.

Kami menantikan kehadiran Anda yang terhormat di pertemuan bisnis. Silakan kirim balasan konfirmasi sesegera mungkin.

Terimakasih untuk pengertian anda.


Hormat Kami,

Ridho Hafiedz

Eksekutif SDM

Akai Sales Agency




Tidak ada komentar:

Posting Komentar