.quickedit{ display:none; }

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 24 Agustus 2013

Kekuatan Yamaha dan Honda Seimbang di GP Republik Ceska



Kekuatan Yamaha dan Honda Seimbang di Brno



Jika sebelumnya di Indianapolis para pebalap Yamaha keteteran saat bersaing dengan Honda, pada MotoGP Republik Ceska kali ini kedua pabrikan dinilai lebih memiliki peta kekuatan yang seimbang. Setidaknya hal itu disampaikan oleh peraih sembilan gelar juara dunia Valentino Rossi seusai sesi latihan bebas di hari Jumat (23/8/2013), kemarin.

Pebalap Yamaha Factory tersebut bukannya tak beralasan mengatakan hal demikian. Pasalnya, enam pebalap tercepat di sesi latihan bebas kemarin (diisi tiga pebalap Honda dan Yamaha) hanya terpaut sekitar 0,6 detik.
Pebalap LCR Honda Stefan Bradl menjadi yang tercepat, diikuti oleh rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo yang menjadi pebalap Yamaha teratas di sesi itu.

“Saya pikir di sirkuit ini seimbang, juga karena Dani (Pedrosa) menang di tahun lalu dengan Honda, mengalahkan Jorge di putaran terakhir. Namun tentu Yamaha jauh lebih kompetitif (bila dibandingkan saat di Indianapolis) dan juga saya lebih kompetitif, karena saya menyukai sirkuit ini dan bisa mengendarai motor dengan cara yang lebih baik dibanding di Indianapolis,” kata Rossi.

Rossi beranjak ke posisi empat di sesi latihan bebas 2 dari yang sebelumnya di posisi lima pada sesi latihan pertama. Di akhir sesi latihan yang kedua, ‘The Doctor’ hanya terpaut 0,226 dari Bradl.

“Hari ini merupakan hari yang positif bagiku, khususnya sore ini (sesi latihan bebas 2), karena kami melakukan beberapa modifikasi dan terjadi banyak peningkatan. Saya cepat baik di ban kompon lunak maupun keras. (Jarak catatan waktu) Kami semua sangat dekat, lima atau enam pebalap hanya terpaut 0,3 detik. Ini sangat mengasyikkan,” pungkasnya.
 “Kami telah menjajal ban kompon keras, namun bukan ban kompon keras yang baru, tetapi sebuah ban yang normal. Kami tak memiliki ban keras yang masih baru di sini. Namun kesan pertamanya cukup baik. Saya hanya sempat melahap empat putaran dengan ban keras, jadi saya harus melahap lebih banyak putaran lagi besok,” kata pebalap asal Italia itu.

Rossi berharap cuaca di Brno akan bersahabat. Pasalnya, berdasarkan ramalan cuaca mengatakan, kondisi cuaca esok hari bisa jadi tidak bagus.


BeritaSirkuit.com Jorge Lorenzo di MotoGP Republik Ceska 2013 sumber Crash 300x202 Kekuatan Yamaha dan Honda Seimbang di Brno


Di sisi lain, Lorenzo mengaku cukup puas dengan capaiannya di sesi latihan bebas tersebut. Ia sempat menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama, namun turun ke posisi dua di sesi latihan bebas 2.

“Saya mengawalinya dengan cara yang baik pagi ini (sesi latihan pertama) dan juga di awal sesi latihan 2. Kemudian kami mulai menjajal beberapa hal pada motornya yang tak sebagus yang kami harapkan,” papar Lorenzo.

“Kami menghabiskan seluruh waktu di sesi latihan untuk mencoba berbagai hal sehingga saya tak begitu cepat di akhir sesi. Namun bagaimana pun juga, hal positifnya adalah besok kami sudah memiliki arah yang jelas, jadi kami bisa melaju lebih cepat lagi untuk mencatat catatan waktu yang lebih baik lagi,” imbuh pebalap asal Spanyol tersebut.
 “Kami bisa meningkatkan pengereman, dan kelembutan motornya di awal tikungan,” tambahnya.

Meski mengaku memiliki sedikit masalah, namun Lorenzo menjadi pebalap yang mampu mencetak waktu di kisaran 1 menit 57 detik terbanyak di sesi tersebut.
Ia kini bertengger di posisi tiga klasemen sementara pebalap, terpaut 35 poin dari Marc Marquez yang memuncaki klasemen

Sumber: motogp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar