.quickedit{ display:none; }

Total Tayangan Halaman

Jumat, 07 April 2017

Tugas Softskill Bahasa Indonesia (Menarasikan Tabel / Gambar)


    Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang bisa dibilang cukup padat yaitu berjumlah sekitar 250 juta jiwa. Besarnya jumlah penduduk Indonesia inilah yang membuat jumlah pembelian sepeda motor di Indonesia cukup tinggi bila dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Malaysia, Filipina, dan lain-lain. Efek dari tingginya jumlah penjualan sepeda motor di Indonesia salah satunya adalah kemacetan, dan kepadatan di jalan – jalan raya di Indonesia. Berikut akan saya sajikan data penjualan sepeda motor pada bulan Oktober 2016 yang dikutip dari AISI.com.

Gambar 1. Penjualan Sepeda Motor Pada Bulan Oktober 2016 Berdasarkan Merk

    Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa merk yang paling laris dalam menjual sepeda motor pada bulan Oktober 2016 adalah Honda, hal ini mungkin dikarenakan dari segi penjualan Honda lebih mudah dijangkau, lalu servis dan spare part nya juga lebih mudah dicari, oleh sebab itu tidak heran jika Honda menjadi penjual sepeda motor tertinggi di Indonesia, lalu disusul oleh pesaingnya Yamaha yang juga memiliki banyak peminat di Indonesia. Berbanding terbalik dengan merk yang berasal dari India yaitu TVS, hal ini disebabkan karena dealer nya yang sulit dicari, spare part nya yang langka, dan juga masyarakat Indonesia yang kurang familiar dengan merk yang satu ini membuatnya kurang laku dipasaran dibandingkan dengan beberapa merk sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia.
                                                          
     Selanjutnya saya akan menyajikan jenis sepeda motor terlaris yang dijual di Indonesia pada bulan Oktober 2016.

Tabel 1. Jenis Sepeda Motor Terlaris Bulan Oktober 2016

JENIS MOTOR
JUMLAH UNIT TERJUAL
Honda New BeAT eSP
181.499 unit
Honda New Vario 125 eSP
59.864 unit
Honda Scoopy eSP
52.266 unit
Honda New Vario 150 eSP
40.272 unit
Yamaha Mio M3 125
30.931 unit
Yamaha NMAX
25.825 unit
Honda New Vario 110 eSP
21.119 unit
Honda Cb150R Streetfire
17.898 unit
Honda BeAT Pop eSP
15.421 unit
Honda New Supra X 125 CW FI
13.516 unit

    Berdasarkan tabel diatas kita dapat mengetahui bahwa jenis sepeda motor yang paling banyak terjual adalah Honda New BeAT eSP, hal ini dikarenakan keunggulan yang ditawarkan oleh motor ini antara lain dikembangkan dengan desain yang menyesuaikan dengan postur rata-rata orang Indonesia, didukung fitur enhanced Smart Power (eSP) yang terintegrasi dengan ACG starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, dan juga dilengkapi teknologi idling stop system (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi sehingga praktis, dan nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

    Pesaingnya Honda yaitu Yamaha berada urutan ke-lima denga jenis motor matic andalannya yaitu Yamaha Mio M3 125. Di peringkat 10 dari 10 jenis motor paling laris dijual di Indonesia ada produk Honda lainnya yaitu Honda New Supra X 125 CW FI, ini adalah satu-satunya sepeda motor yang masuk dalam 10 besar jenis sepeda motor paling laris di Indonesia. Sepeda motor bebek seperti ini kurang diminati dikarenakan kurang praktis, dan kurang efisien jika dibandingkan dengan motor matic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar