.quickedit{ display:none; }

Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Oktober 2017

Tugas Individu (Sistem Operasi) Perbandingan Prosesor Buatan Intel Dengan AMD



Perkembangan dunia teknologi jaman ini memang sudah sangat maju, khususnya pada bidang komputerisasi. Pada dunia komputerisasi perkembangan teknologi sangat terasa kepada kebutuhan akan visual atau graphic. Perkembangan dari visual tersebut tentu diimbangi juga dengan perkembangan dunia chipset atau processor.

Semakin maraknya game yang bertebaran, dan memberikan para usernya kualitas visual yang sangat menganggumkan dan nyata. Maka, para pembuat graphic card dan processor berlomba-lomba menciptakan hardware terbaru untuk memenuhi kebutuhan grafis dari game-game tersebut. Nah, pada artikel kali ini Saya akan bahas tentang perbandingan dua processor yang saat ini menjadi incaran para gamers yaitu Intel dan AMD.


INTEL


Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu yang didirikan oleh Gordon Moore dan Robert Noyce pada 1968. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS. Intel mengganti logo dan slogannya pada 2 Januari 2006. Slogan lamanya "Intel inside" diganti dengan "Leap ahead".
 
Intel sudah lumayan lama merilis processor terbarunya yaitu Intel core i7, kemudian disusul i5 dan i3. Yang perlu diperhatikan nanti Intel tidak akan pakai lagi brand core 2 duo dan core2 quad, sedangkan brand pentium dan celeron bakal dipertahankan. Terus untuk brand centrino mereka bakal pakai di produknya yang berbasis Wifi dan Wimax, jadi tidak akan lagi kita menemukan notebook dengan brand Intel Centrino.

Lalu apa perbedaan dari ketiga produk barunya tersebut? Intinya core i3 ditujukan buat Entry Level, core i5 buat mid level, kalo core i7 buat High Level. Terus ketiganya bakal ditanam di dekstop maupun notebook. Selain itu, core i5 dan i7 mengadopsi fitur “Intel Turbo Mode Technology” dimana fitur ini akan mematikan core yang tidak dipakai ketika memproses aplikasi yang hanya membutuhkan single thread, ketika memproses aplikasi single thread, processor akan mengoverclock aliran thread data yang berjalan di atasnya sehingga pemrosesan lebih cepat, sedangkan jika memproses aplikasi yang bukan single thread, core tersebut akan hidup kembali.

Berikut deskripsi lebih jelasnya mengenai ketiga produk ini:

INTEL Core i3

Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”. 

INTEL Core i5

Lynnfield adalah codename untuk Core i5. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. Core i5 dipasarkan dengan harga sekitar US$186. 
Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache. 
Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.

INTEL Core i7 

Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. 


KELEBIHAN INTEL:

Intel Tidak Mudah Panas
Hal itu bisa terjadi karena pada prosesor Intel telah dirancang untuk mengatur suhu / temperatur pada saat laptop / komputer bekerja.Bayangkan, sobat menggunakan sebuah laptop memiliki prosesor dengan merk Intel selama berjam-jam. Pasti laptop tersebut akan panas kan ?
Nah, panas itu ditangani langsung oleh Intel. Wah, sebuah tekanan suhu yang tinggi dari sebuah laptop diredam langsung oleh prosesornya sendiri. Pasti akan lebih optimal peredamannya dibandingkan dengan peredaman panas yang tidak ditangani langsung oleh sang prosesor.

Intel Tidak Mengeluarkan Suara Yang Berlebihan Saat Bekerja
Pada saat menjalankan proses, sang prosesor Intel tidak mengeluarkan suara yang tidak enak didengar oleh yang mendengar.Hal itu karena produsen Intel memprioritaskan kepuasan pelanggan dan User Experience (UX) pada saat menggunakan Intel.
Intel itu sebuah bisnis. Seperti layaknya AMD, Centaur, ARM, dan lain-lain. Agar para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh Intel, maka si Intel harus membuat pelanggannya puas dengan memberikan kualitas yang baik.
Masuk akal kan ?
Produsen Intel mengakalinya dengan memasang teknologi heatsink pada Intel. Heatsink ini pada saat bekerja, tidak mengeluarkan suara.
Logikanya, apabila sesuatu yang pada saat bekerja tidak menimbulkan suara yang berisik jika digunakan dalam sebuah prosesor maka akan membuat prosesor tersebut tidak berisik saat bekerja.

Produk Intel Lebih Bagus Dalam Segi Multimedia Dibanding Grafik
Jika sobat seorang youtuber, atau pembuat video, maupun pembuat game maka sobat membutuhkan yang namanya rendering.
Lalu, bagaimana jika saya ingin me-render video dengan AMD ? Bisa ? Jawabannya bisa.
Tapi, proses rendering nya bisa memakan waktu yang lebih lama dari prosesor Intel dan kualitasnya pun masih kalah dibandingkan dengan Intel.
Makanya saya sarankan bagi sobat yang membutuhkan proses rendering, sangat dianjurkan membeli laptop dengan prosesor ber merek Intel.
Lebih Menang Merek (Brand) di PasaranIntel lebih duluan naik daun daripada AMD. Intel diproduksi lebih awal dibandingkan dengan AMD. Hal itulah yang menyebabkan pamor Intel lebih tinggi daripada AMD.
Kalau soal merek, menurut saya tidak terlalu berpengaruh. Intel atau AMD kalau kualitasnya bagus ya berarti bagus. Tidak harus menang merek.
Tetapi, walaupun Intel lebih menang merek daripada AMD, kedua prosesor itu memiliki kualitas yang saling bersaing dan bisa dikatakan terbaik.
Intel bisa merebut hati para konsumen dengan menyajikan prosesor yang memiliki kualitas tinggi. Dengan strateginya, Intel pun berhasil melakukan hal ini dan banyak orang yang membeli laptop dengan prosesor tersebut. 


KEKURANGAN INTEL :

Biaya Yang Mahal
Banyak yang masih bingung akan membeli laptop dengan prosesor AMD atau Intel. Tetapi jika dilihat dari harga, itu merupakan kelebihan AMD atau dengan kata lain merupakan kekurangan Intel.Intel memiliki harga pasar yang bisa dikatakan ‘cukup mahal’ bila disandingkan dengan prosesor merek lainnya. Hal itu dikarenakan Intel telah memegang reputasi terkenal di pasar dunia.
Padahal, jika dibandingkan dengan AMD dengan spesifikasi dan kualitas yang setara, harga prosesor AMD jauh lebih murah daripada harga Intel.
Maka dari itu, sesuatu yang terkenal kebanyakan memiliki kualitas yang tinggi (di bidangnya). Dan sesuatu yang berkualitas kebanyakan memiliki harga yang cukup tinggi.
Anggapan kebanyakan orang kan kalau terkenal pasti mahal, dan kalau mahal pasti berkualitas tinggi.

Kalau Rusak, Biaya Lebih Mahal
Jika sobat punya laptop atau komputer dengan prosesor Intel, maka jagalah laptop tersebut agar tidak sampai rusak. Karena jika sudah rusak (prosesornya), maka sobat akan membayar lebih mahal lagi untuk biaya service laptop.
Karena jika prosesor Intel sudah rusak, maka ketika diservice tidak bisa memisahkan antara motherboard dengan prosesor. Otomatis sobat juga harus membayar biaya pembelian motherboard yang baru kalau tidak mau laptop sobat rusak terus.

Intel Kurang Unggul Dalam Segi Grafis
Dalam segi grafis, AMD memang lebih unggul daripada Intel. Hal itulah yang menarik perhatian para gamer atau maniak game untuk membeli produk dari AMD.Ini merupakan solusi bagi para gamer yang bingung apakah mereka mau membeli prosesor Intel atau AMD.

Kalau Ingin Spesifikasi Tinggi, Biaya Juga Mahal
Lagi-lagi masalah uang. Selain terkenal akan kualitasnya, ternyata Intel juga memiliki popularitas terkait harga produknya yang lebih mahal.


AMD
AMD (Advanced Micro Devices, Inc) adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
AMD adalah terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. Ia juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash.


KELEBIHAN AMD :

AMD Memang Lebih Murah Dari Intel
Jika sobat merupakan seorang gamer yang tidak mempunyai dana yang cukup banyak, sobat beruntung karena prosesor yang baik untuk kalangan gamer itu harganya cukup murah bila dijejerkan dengan Intel.
Itu karena AMD belum terlalu memegang dan mendominasi kendali pasar dunia. Sementara ini, pasar dunia masih dipenuhi oleh Intel.
Mungkin setelah AMD mendominasi pasar dunia, harga prosesornya bisa mahal bahkan lebih mahal dari Intel.

Lebih Unggul Daripada Intel Dari Segi Grafis
Satu poin lagi untuk para gamer. Selain harganya yang lebih murah, kualitas grafis prosesor AMD lebih bagus dan cocok untuk bermain game karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik jika menggunakan prosesor AMD ini.
Namun, bagi para youtuber atau tukang render kurang cocok jika menggunakan prosesor yang satu ini. Lebih baik memakai Intel saja kalau mau render.

Prosesor AMD Bisa Mendeteksi Malware
Sang pembuat AMD memiliki ide untuk menambahkan fitur pendeteksi virus/malware. Fitur tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Fitur ini bekerja untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang akan dijalankan.
Cara kerja dari fitur ini adalah :
EVP mengecek program->Jika ada virus, program tidak dijalankan. Namun, jika tidak ada virus, maka program bisa jalan dengan izin AMD.

Lebik Baik Jika Menangani Aplikasi Berbasis 64 bit
Seiring berjalannya teknologi, maka perkembangan aplikasi juga semakin pesat. Hal itu mengakibatkan banyaknya aplikasi bahkan game pun menjadi berbasis 64 bit.
Nah, AMD pun mengambil peluang dengan melihat kondisi seperti ini. Maka, produsen AMD langung membuat prosesor yang lebih optimal ketika menangani aplikasi yang berbasis 64 bit. Itulah yang dinamakan bisnis.
Nah, itu tadi beberapa kelebihan AMD. Sekarang saya akan bahas kekurangan prosesor AMD atau yang sering disebut dengan prosesor para gamer.


KEKURANGAN AMD:

Prosesor Yang Kalah Nama Dari Intel
Jika dilihat dari jumlah pengguna di dunia, AMD masih tertinggal jauh dari Intel. Hal itulah yang membuat merek AMD belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam.
Intel atau AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan Intel itu berbeda dengan kelebihan AMD.
Nah, dampak baik dari kekurangan ini adalah harga prosesor AMD lebih murah dari harga Intel karena AMD belum mendapatkan reputasi sebaik Intel.
Padahal sebenarnya kualitas AMD itu tidak kalah dari Intel, bahkan bisa melebihi Intel. Namun, kenapa ya AMD kurang mendapatkan popularitas seperti Intel ?

Lebih Cepat Panas Dalam Bekerja
Ketika sedang bekerja, AMD lebih sering mengeluarkan panas. Hal itu karena pada AMD tidak menggunakan heatsink sebagai komponen pendingin utamanya.
Sebagian AMD masih menggunakan kipas / fan sebagai komponen pendinginnya. Sebagian lagi sudah beranjak ke ice cooler untuk mengurangi suara yang tidak enak didengar.

Kalah Untuk Segi Multimedia
Bagi sobat yang suka dengan dunia multimedia, saya sarankan agar jangan menggunakan prosesor ini dalam proses yang sobat lakukan.
Lebih baik menggunakan Intel saja karena sudah dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia. 


PERBANDINGAN PROSESOR AMD VS INTEL

AMD A6-4400M VS Intel Core i3-3130M


  1. Kecepatan total clock menyebabkan 3,85% kecepatan jam cpu lebih cepat. 
    Kecepatan dari AMD melebih sedikit dari intel yaitu: AMD 2 x 2.7GHz dan Intel 2 x 2.6GHz.
  2.  Kecepatan ram tinggi mendukung peforma sistem lebih cepat pula. Dalam hal ini keduanya seimbang di ukuran 16000MHz. 
  3. Thread CPU, Lebih banyak hasil thread dalam performa yang lebih cepat dan multitasking yang lebih baik. Hal ini lebih unggul intel. 
  4. Kecepatan clock GPUlebih tinggi intel yaitu 650GHz sedangkan AMD hanya 496GHz.
    Keduanya memiliki kartu grafis yang telah teriintegrasi (kartu grafik terintegrasi anda tidak perlu membeli kartu grafik terpisah). 
  5. Hasil Penghitungan passmark mengukur kinerja CPU menggunakan multiple thread. Lebih tinggi intel dengan 3655 dari pada amd yang hanya 1622. 
  6. Keduanya mendukung sistem operasi 64-bit. 
  7. Versi Direct-X lebih unggul Amd. 
  8. AMD memiliki AES yang digunakan untuk mempercepat enkripsi dan dekripsi, sedangkan intel tidak memilikinya.
  9. Kebanyakan processor Intel menggunakan hyperthreading, artinya setiap core processor dapat bekerja pada dua thread sekaligus berbeda dengan kebanyakan processor bekerja pada single thread per core. Artinya anda akan mendapat performa yang signifikan dalam beberapa aplikasi. Sedangkan AMD A6-4400M tidak menggunakannya.
  10. Intel Core i3-3130M  memiliki Tri-Gate, sebuah transistor canggih dibuat oleh Intel yang memungkinkan konsumsi daya rendah dan kecepatan tinggi. Sedangkan AMD A6-4400M tidak memilikinya.
  11. Keduanya memiliki penyekalan frekuensi yang dinamis serta mendukung virtualisasi hardware-assisted.
  12. Keduanya memiliki NX bit yang membantu melindungi komputer dari serangan jahat.
  13. AMD memiliki FMA3 yang digunakan untuk mempercepat pekerjaa seperti mengatur kontras sebuah gambar atau mengatur volume.
  14. Intel Quick Sync Video dimiliki oleh intel dantidak dimiliki oleh amd fungsi dari intel quick sync video adalah memungkinkan waktu transcoding video sangat cepat, contoh ketika menyalin sebuah DVD atau Blu-ray ke komputer.
  15. Ketinggian dan lebar amd 2.5mm lebih pendek dan tipis dari intel yang 37,5 mm. 
  16. Suhu CPU intel lebih panas 5°C.
  17. Amd mendukung tampilan.
  18. Turbo CPU, Ketika GPU berjalan di bawah ambang batasnya, dapat dipacu ke clock speed yang lebih tinggi untuk meningkatkan performa. Intel dengan 1100 MHz dan AMD dengan 685 MHz. 
 
AMD FX-8350 VS Intel Core i5-3570K

 










  1. Kecepatan ram yang lebih tinggi adalah amd fx dengan 1866MHz sedangkan intel hanya 1600MHz.
  2. Dari kecepatan total clock lebih cepat amd fx daripada intel i5.
  3. Ukuran semokonduktor pada intel lebih kecil yaitu 19,17nm-21,75nm sedangkan amd adalah 29,5nm-32,08nm.
  4. Hasil dari thread cpu lebih cepat intel hal ini menyebabkan mesin memiliki performa yang lebih cepat dan multitasking yang lebih baik.
  5. Pada intel core i5 kartu grafis telah terintegrasi sedangkan amd belum.
  6. Pada penggunaan daya per satuan watt lebih hemat amd fx.
  7. Thermal Design Power (TDP) pada pada amd lebih besar yaitu 125 W, sedangkan intel hanya 77W.
 
AMD A8-5600K VS Intel Core i7-4770K

 










  1. Kecepatan ram lebih unggul amd a8 dengan 1847MHz-2053MHz, sedangkan intel i7 hanya 1435MHz-1641MHz.
  2. Kecepatan total clock sama pada kisaran 11,67GHz-17,5GHz. 
  3. Thread CPU lebih unggul dari AMD.
  4. Ukuran semokonduktor amd lebih besar dari pada intel.
  5. TDP dari amd lebih besar yaitu 100W seangkan intel hanya 84W. Hal ini menyebabkan amd lebih mudah gampang panas.
  6. Keduanya telah terintegrasi kartu grafik.

Sumber :
https://versus.com/id/amd-a6-4400m-vs-intel-core-i3-3130m
https://versus.com/id/amd-fx-8350-vs-intel-core-i5-3570k
https://versus.com/id/intel-core-i7-4770k-vs-amd-a8-5600k
https://makinrajin.com/amd-atau-intel/
https://segiempat.com/tekno/komputer-tekno/perbandingan-intel-dan-amd/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar